hero

Tentang Penelitian dan Pengembangan (Litbang)
Sekolah Budi Bakti

Kebijakan pendidikan tidak dapat dilepaskan dengan hakikat pendidikan dalam proses memanusiakan anak manusia menjadi manusia yang merdeka. Oleh karena itu, kebijakan yang diputuskan harus berdasarkan data real, yang didapatkan melalui suatu proses yang disebut riset atau penelitian.

Di era pendidikan yang berbasis sains, hasil riset dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan mengenai kebijakan pendidikan. Hal tersebut yang saat ini sedang dilakukan oleh Kemendikbud melalui suatu lembaga yang bernama Balitbang Kemendikbud dalam melaksanakan penelitian di bidang pendidikan.

Tentang Penelitian dan Pengembangan (Litbang)
Sekolah Budi Bakti

Sebagai perwujudan visi dan misi Sekolah Budi Bakti, Tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Sekolah, telah melakukan berbagai riset yang hasilnya dapat digunakan dalam pengambilan kebijakan.

Beberapa program yang sudah terlaksana adalah penelitian yang terkait dengan asesmen membaca permulaan, matematika, Bahasa Inggris, kuesioner Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) selama Pandemi COVID-19, juga kuesioner lain mengenai pembelajaran yang telah berlangsung.

team

Titin Zubaidatik, S.Pd.

Kepala Litbang

“Sekolah yang maju adalah sekolah yang terus melakukan perubahan, terus bergerak, dan mencari celah inovasi, dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks seperti saat ini. Karena perubahan sekecil apapun, jika dilakukan secara konsisten oleh segenap praktisi pendidikan, akan berkontribusi dalam memberikan perbaikan pendidikan yang berarti, baik di lingkup sekolah sendiri, maupun secara nasional”.

team

Delsy M Thomas, S.Pd.

Bidang Pelatihan dan Seminar

team

Dhara Puspita

Bidang IT

team

Kartika Ramadani, S.Stat.

Bidang Riset

Tujuan Pembentukan Tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Sekolah Budi Bakti, antara lain :

  • Meningkatkan kualitas penelitian dan pengembangan sebagai pusat informasi riset.
  • Mendayagunakan seluruh hasil rekomendasi kegiatan penelitian dan pengembangan agar dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam proses pengambilan kebijakan Kepala Sekolah.
  • Mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam perkembangan lembaga pendidikan.
  • Mendorong kreativitas, inovasi, dan produktivitas guru dalam mengelola pembelajaran sehingga sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan.
  • Meningkatkan kemampuan lembaga penelitian dan pengembangan dalam riset, serta peningkatan kualitas pendukung dalam rangka meningkatkan daya saing.

Beberapa penelitian yang terkait dengan kemampuan akademik siswa/i di tingkat SD, SMP dan SMA Budi Bakti terdapat pada tautan berikut :